Sedekah Luar Biasa

Tersebutlah Abdurrahman bin Shakhr yang wafat pada tahun 59 H, salah seorang ahlush-shuffah (orang-orang miskin muhajirin yang tinggal di emperan Masjid Nabawi). Pria ini hidup dalam ketiadaan.

Tetapi dengan kondisinya menjadi kesempatan baginya untuk melayani dan mengikuti dakwah Nabi bahkan menjadi dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Kedekatannya dengan Rasulullah SAW pula yang telah menjadikannya periwayat ribuan hadis yang dikagumi.

Suatu hari Abdurrahman menemukan seekor anak kucing yang ditinggal induknya dan membawanya pulang ke rumah. Lalu kucing itu dirawat dengan baik, diberi makan, dimandikan, digendong, dan disiapkan tempat tidur. Kebaikannya telah membuat kucing itu sayang dan setia kepadanya.

Kemana pun ia pergi, kucing itu selalu menyertai. Kecintaan pada kucing itulah yang membuat Nabi SAW dan para sahabat menggelarinya “Abu Hurairah” (Bapak Kucing).

Walau hidup kekurangan, ia tetap sedekah kepada binatang yang bukan piaraannya. Sedekahnya telah memberi efek yang luar biasa terhadap perilaku kucing itu.

Rasa kasih sayang itu membuat ia pantas dikasihi oleh penghuni langit (HR Thabrani).

Memang, kita tidak hanya dituntut menyayangi manusia, tetapi juga mahkluk lain yang hidup dan tumbuh di muka bumi. Sebab, semua itu adalah makhluk Allah SWT juga (QS 68:38).

Ada juga kisah seorang lelaki yang sedang kehausan di gurun yang tandus. Setelah menemukan air sumur, ia pun minum sepuasnya.Saat naik ke permukaan, ada seekor anjing yang menjulur lidahnya karena kehausan. Ia pun turun kembali ke dasar sumur yang dalam. Sepatunya diisi air dan dibawa dengan mulutnya untuk minuman anjing itu. Allah SWT pun berterima kasih dan mengampuni dosanya.

Para sahabat pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. “Wahai Rasulullah, apakah kita berpahala jika berbuat baik kepada binatang?” Nabi SAW menjawab, “Dalam setiap pertolongan terhadap hati yang basah (binatang hidup) ada pahalanya.” (HR Bukhari).

Karena itu jika senang memelihara binatang atau pepohonan, jagalah sebaik mungkin. Jika tak mampu, lepaskan saja agar ia bisa mencari penghidupan sendiri.

Sedekah terbaik ternyata adalah ketulusan dan konsistensinya walaupun sedikit (mudawamah). Sedekah yang tulus itu bisa mengubah perilaku kucing liar menjadi penurut dan setia.***

Tinggalkan komentar