Inilah Keutamaan Kota Mekah Al Mukarromah

UMROHRIAU.COM – Sebagaimana diketahui, bahwa kota yang paling utama dalam islam adalah kota Mekah, yang disebut juga Makkah Al-Mukarromah, yang berarti mekah yang penuh kemuliaan. Selanjutnya Kota Madinah, dua kota yang sangat dirindukan umat muslim. Makkah yang dalam bahasa Indonesia di sebut Mekah dan dalam bahasa inggris disebut Mecca, adalah tempat berdirinya pusat ibadah umat muslim sedunia, yaitu kabah.

Kabah adalah bangunan berbentuk persegi empat yang ditutupi kain sutra hitam, dan berada di tengah-tengah Masjid Al-Haram. Dalam ritual haji maupun umroh, Mekah menjadi tempat pembuka dan penutup ibadah karena jemaah diwajibkan melaksanakan niat dan tawaf haji maupun umroh di kota ini.

Untuk keutamaan kota Mekah, sangat banyak sekali. Kota mekah merupakan kota suci yang Aman. Sejak penciptaan langit dan bumi, Allah telah menciptakan Mekah sebagai kota suci.

Hal ini dikatakan nabi di hari penaklukan Mekah, “Sesungguhnya Allah telah memuliakan kota ini pada hari pencitaan langit dan bumi. Ia adalah kota suci dengan dasar kemuliaan yang Allah tetapkan sampai hari kiamat.”

Dalam Al-Quran Allah berfirman, “aku hanya diperintahkan menyembah tuhan negri ini (Mekah), yang telah menjaikan nya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu. Dan aku di perintahkan supaya termasuk orang-orang yang berserah diri.” [QS. An-Naml/27:91].

Jadi, dengan izin Allah, Mekah akan tetap berada dalam lindungan-Nya, dan akan menjadi negeri yang aman dan tentram. Mungkin ini merupakan wujud kecintaan Allah kepada Nabi Ibrahim. Mengapa demikian? Ya, karena Nabi Ibrahim pernah mendoakan kota Mekah, seperti yang tertera dalam ayat berikut ini, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata, ya Rabb-ku, jadikan lah negeri ini (Mekah) Negara yang aman, dan jauhkan lah aku beserta anak cucuku dari penyembah berhala-berhala.”[QS.Ibrahim/14:35].

Di zaman dahulu, pasukan bergajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah pernah bertekat untuk menghancurkan kakbah. Namun, Allah menurunkan tentara-nya berupa burung Ababil. Abrahah bersama tentaranya pun berguguran sebelum mencapai Kakbah.

Selanjutnya, Mekah merupakan tempat yang paling dicintai rasul.

Rasul sangat mencitai kota Mekah. Ya, jelas, karena beliau dilahirkan di sana. Bagaimana wujud kecintaan beliau itu? Simaklah salah satu sabda beliau berikut ini. “ Demi Allah. Engkau adalah sebaik-baik bumi, dan bumi Allah yang paling di cintai-nya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu).” (*)

Tinggalkan komentar