Cara Mengatasi Lelah Saat Ibadah Haji

SEBANYAK 200 orang jamaah haji Indonesia mengalami kelelahan saat melakukan prosesi lempar jumrah. Tentu saja jalan yang ditempuh adalah dengan mengistirahatkan mereka yang kelelahan tersebut.

Setelah dirasa cukup beristirahat, barulah dilakukan langkah-langkah pemulihan stamina, misalnya dengan memberikan vitamin. Kondisi ini sebetulnya selalu terjadi setiap tahun. lalu adakah cara agar saat haji kita tidak mengalami kelelahan tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya bisa dilakukan dengan memberikan suplemen atau vitamin. Akan tetapi, cara yang lebih baik lagi sebaiknya jemaah menyiapkan diri dengan berolahraga sejak dua bulan sebelum keberangkatan.

Memang, untuk mengatasi kelelahan itu persiapannya harus exercise, ada preventifnya. Jangan sampai sudah lelah baru dilakukan upaya-upaya kuratif.

Tetapi jika jamaah haji Indonesia sudah terlanjur mengalami kelelahan maka solusi pemulihan terbaiknya adalah dengan memperbanyak istirahat, sehingga bisa mengumpulkan energi kembali.

Selain itu kepada jamaah juga disarankan mengonsumsi suplemen agar tidak mudah lelah. Namun jika sudah umur generatif tentu harus mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat.

Selain itu, juga dianjurkan mengurangi kelelahan dengan menggunakan sandal khusus yang didesain khusus untuk jamaah haji dan umrah, yaitu Sandal SHL. Sandal yang diproduksi berdasarkan hasil penelitian dr. Syarief ini didesain khusus untuk mengganjal lengkungan di kaki, sehingga bisa meminimalisir kelelahan.***

Tinggalkan komentar