Apa Saja Harus Dibawa Saat Wanita Umroh

SAAT pergi berumroh banyak barang dan pakaian yang akan dibawa, sesuai dengan kebutuhan untuk beribadah di tanah suci. Tentunya perjalanan ini akan berbeda dibanding perjalanan lainnya, misalnya untuk berwisata.

Sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang ke Baitullah yang akan membuat koper menjadi gemuk dan membuat kita menjadi repot. Selain itu, udara Arab Saudi yang amat panas membuat wanita harus mempersiapkan diri dari segala kondisi dan cuaca.

Sebaiknya mengemas pakaian dan barang-barang yang tepat agar ibadah umroh dapat berjalan lancar dan menyenangkan, kesehatan terjaga dan lelah bisa dihindari. Lalu apa saja yang harus di packing jika ingin ibadah umroh?

1. Pakaian Ihram dan Cadangannya

Perlengkapan umroh wanita yang terpenting adalah pakaian ihram, pakaian ihram ini merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Dalam mempersiapkan pakaian ihram, sebaiknya tidak hanya membawa satu stel saja, melainkan juga ada cadangannya sebanyak dua atau tiga stel.

Hal ini diperlukan, mengingat aktivitas umroh yang memakan waktu selama 9-15 hari, tentu kita harus membawa cadangan pakaian ihram ketika yang sebelumnya sudah kotor. Jadi tak lagi mencari-cari di sana atau kita merasa kurang afdol ibadah karena pakaian ihram kotor.

Mengenai warna pakaian ihram, tidak ada larangan warna selain putih bagi wanita. Hal terpenting adalah pakaian tersebut menutup aurat, tidak membentuk lekuk tubuh Anda, dan tentunya rapih serta sopan.

2. Pakaian Non Ihram yang Sesuai Kebutuhan

Selain pakaian ihram, tentu juga harus membawa pakaian non ihram yaitu pakaian sehari-hari. Pakaian biasa ini dapat digunakan sebagai ganti ketika selesai melakukan aktivitas ibadah.

Namun yang harus diingat, bawa pakaian secukupnya saja. Dua sampai tiga set pakaian sudah cukup. Pastikan juga pakaian tersebut berlengan panjang, menutup aurat dengan baik, tidak menunjukkan lekuk tubuh, dan tidak terlalu mencolok.

3. Barang dalam Koper Utama

Para jemaah disarankan untuk membawa tas dan koper maksimal sebanyak tiga buah, yakni koper besar, tas jinjing, serta tas kecil. Isi di dalam koper utama seperti:

a) Pakaian muslim, pakaian ihram beserta cadangan, jilbab panjang, pakaian tidur, dengan jumlah yang sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Usahakan membawa pakaian yang berbahan lembut dan menyerap keringat.

b) Mukena. Termasuk juga membawa ciput atau lapisan untuk jilbab sebanyak dua sampai tiga buah.

c) Peralatan mandi dan perawatan tubuh lainnya sesuai kebutuhan

d) Kacamata hitam, masker, kaus kaki, jaket, serta obat-obatan pribadi

4. Barang dalam Tas Jinjing

a) Satu set pakaian ihram

b) Satu set pakaian dalam

c) Sarung tangan

d) Satu pasang kaus kaki

e) Obat-obatan pribadi

5. Barang dalam Tas Kecil

a) Paspor

b) Dompet

c) Tanda pengenal dan dokumen pendukung lainnya

Detail barang-barang yang telah dipaparkan diatas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing. Namun, itulah beberapa perlengkapan dasar bagi wanita untuk dipersiapkan ketika akan pergi umroh. Penting untuk mempersiapkan segala hal secara matang dan terencana, tanpa perlu terburu-buru.***

Tinggalkan komentar